Seandainya Hidup Adalah Film

It’s kind of true for all of us. Movies don’t work like real life. In a story, you arrange life into an understandable series of events so that when the credits roll, people feel satisfied.

Donald Miller, A Million Miles in a Thousand Years: What I Learned While Editing My Life

 

Film adalah salah satu produk budaya yang paling populer hingga saat ini. Kemampuannya menyampaikan pesan dan menghanyutkan emosi penonton adalah beberapa alasan mengapa film sangatlah digemari. Terlebih ketika film yang ditonton memberikan inspirasi. Bukan hal yang mustahil hidup seseorang akan berubah setelah menontonnya.

Sekarang bayangkan bagaimana seandainya hidup kita adalah film? Akankah membosankan, biasa-biasa saja, dan jauh dari kesan menarik? Ataukah menakjubkan, penuh kesan, dan memberikan pesan mendalam saat credit title muncul? Tentu kita ingin sesuatu yang berharga saat film yang kita bintangi akhirnya usai. Sesuatu yang benar-benar memberikan kepuasan tersendiri bagi kita maupun orang lain.

Rentang hidup yang panjang dan rentetan rutinitas memang tak sepenuhnya mengubah hidup layaknya film yang cepat beralih dari satu adegan ke adegan lain dalam durasi 2 jam. Akan tetapi, ketika kita melihat ke belakang dan melihat kehidupan yang telah kita lalui, kita akan sadar bahwa ada sebuah kisah di sana. Apakah kisah tersebut menarik untuk diceritakan layaknya film? Atau malah sebaliknya, kosong dan membosankan? Kita memiliki peran dalam mewujudkannya. Pada akhirnya semakin menarik kisah kita, semakin menarik hidup yang telah kita habiskan.

Saat kita mulai menyadari hal tersebut, akankah kita tergerak untuk melihat hidup layaknya film? Akankah kita lebih berani mengambil risiko? Akankah kita semakin termotivasi mendapatkan beragam pengalaman, memberikan lebih banyak kebaikan, menciptakan mahakarya, mensyukuri setiap kejadian, dan mengambil peluang yang berada di depan kita? Karena saat kita berani melakukan itu semua, kita akan dituntun menuju ke kehidupan yang jauh lebih bermakna.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s